WELCOME TO MY BLOG
WISH YOU ENJOYING WITH THIS BLOG !!
GOOD USEFUL !!!

Minggu, 13 Maret 2016

Manajemen Layanan Sistem Informasi

Tugas I


          Manjemen Layanan Sistem Informasi (Information System Service Management) menurut saya adalah suatu metode pengelolaan sistem yang terpusat pada perspektif konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan, atau disebut juga IT service management (ITSM). ITSM umumnya menangani masalah operasional manajemen teknologi informasi (kadang disebut operations architecture) dan bukan pada pengembangan teknologinya sendiri. Contohnya, proses pembuatan perangkat lunak komputer untuk dijual bukanlah fokus dari disiplin ini, melainkan sistem komputer yang digunakan oleh bagian pemasaran dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat lunak-lah yang merupakan fokus perhatiannya.

          ITSM berfokus pada proses dan karenanya terkait dan memiliki minat yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses. Disiplin ini tidak memedulikan detail penggunaan produk suatu pemasok tertentu atau detail teknis suatu sistem yang dikelola, melainkan berfokus pada upaya penyediaan kerangka kerja untuk menstrukturkan aktivitas yang terkait dengan TI dan interaksi antara personel teknis TI dengan pengguna teknologi informasi.

          Framework (Kerangka Kerja) yang dapat memeberikan contoh dalam penerapan Manjamen Layanan Sistem Informasi (Information System Service Management) :

  1.  TQM (Total Quality Managemnt) adalah strategi manajement yang ditujukan untuk menanamkan kesadaran kualitas pada semua proses dalam organisasi.
  2. Six Sigma adalah suatu alat manajemen baru yang digunakan untuk mengganti TQM, sangat terfokus terhadap pengendalian kualitas dengan mendalami sistem produksi perusahaan secara keseluruhan. Memiliki tujuan untuk, menghilangkan cacat produksi, memangkas waktu pembuatan produk, dan mehilangkan biaya.
  3. Business Process Management adalah suatu metode penyelarasan secara efisien suatu organisasi dengan keinginan dan kebutuhan organisasi tersebut. BPM merupakan suatu pendekatan manajemen holistik untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi bisnis seiring upaya untuk mencapai inovasi, fleksibilitas dan integrasi dengan teknologi. BPM berupaya untuk melakukan perbaikan proses secara berkelanjutan atau bisa juga disebut sebagai suatu proses 'optimalisasi proses'.
  4. CMMI (Capability Maturity Model Integration) adalah suatu pendekatan perbaikan proses yang memberikan unsur-unsur penting proses efektif bagi organisasi. Praktik-praktik terbaik CMMI dipublikasikan dalam dokumen-dokumen yang disebut model, yang masing-masing ditujukan untuk berbagai bidang yang berbeda.
sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/ITSM
https://en.wikipedia.org/wiki/IT_service_management
https://en.wikipedia.org/wiki/Service_management

Tidak ada komentar:

Posting Komentar